Sebulan Sudah 4 Kali, Kebakaran Hutan Di Bantarkawung Kembali Terjadi

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Hutan produksi Perhutani terbakar, pada Jum’at (20/9/2019), sekitar pukul 13.00 WIB. Kebakaran terjadi di area wisata Gunung Geulis Learning Center (GGLC) Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes.

“Lokasi merupakan area wisata Gunung Geulis Learning Center (GGLC) di Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung” ungkap Camat Bantarkawung, Eko Supriyanto.

Salah satu anggota TNI sedang berusaha melakukan pemadaman hutan di wilayah Kecamatan Bantarkawung.

Kebakaran hutan diwilayah Kecamatan Bantarkawung, menurutnya, dalam bulan ini sudah 4 kali dan kini kembali terjadi.

“Siang ini kembali terjadi terjadi. Api diketahui ketika berlangsung sholat Jum’at dan pukul 15.30 wib baru berhasil dipadamkan secara manual,” kata Eko.

Pemadaman dengan mengunakan gepyok.

Upaya pemadaman, lanjutnya, dilakukan dengan cara manual menggunakan batang atau ranting pohon (gepyok), dan juga penyiraman pada batang pohon yang terbakar. Meskipun sementara kobaran api sudah tampak padam, tapi masih terlihat beberapa titik bara api.

“Pemadaman dilakukan oleh Petugas Perhutani Bantarkawung, dibantu Anggota Trantibum Kecamatan Bantarkawung, Koramil, Polsek, Pengelola GGLC, dan masyarakat sekitar lokasi kejadian,” lanjutnya.

Petugas masih melakukan pemantauan dilokasi kebakaran hutan.

Ia mengatakan, area yang terpantau terbakar saat ini luasnya sekitar 1 hektare di Petak 37G tanaman tahun 1972 luas terbakar 0,5 Ha dan petak 37G tahun tanam 1987 luas terbakar 0,5 Ha.

“Petak 37G tahun tanam 1972 dan 1987 luas terbakar kurang lebih 1 Ha,” imbuhnya. (Gust).

LEAVE A REPLY