Ratusan Orang Ikuti Lomba Mancing Ikan Kakap Putih Di Sungai Pemali

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Sungai Pemali yang melintang di Desa Pebatan Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes menjadi salah satu spot mancing yang dipilih untuk mengadakan Lomba Mancing Kakap Putih dalam rangka Hari Olahraga Nasional yang ke 36.

“Meski didaerah ini banyak ditemui beberapa jenis ikan, namun kami sepakat untuk penilaian lomba yang di utamakan adalah ikan kakap putih,” kata Ketua Pelaksana, Akhmad Syafi’i.

Para peserta lomba mancing kakap putih di Sungai Pemali, Desa Pebatan.

Sejak dimulainya perlombaan, Minggu, (22/9) menurutnya, peserta lomba sudah mencapai ratusan. Bahkan pesertanya bukan hanya berasal dari Desa Pebatan sendiri namun juga berasal dari daerah lain. Bahkan dari Tasikmalaya, Cirebon, dan Pemalang juga menyempatkan diri untuk menjajal potensi daerah ini.

“Sebenarnya, ketika menjelang musim penghujan yang bagus untuk memancing di sungai Pemali, selain itu ketika air laut pasang karena air asin tercampur dengan air tawar,” jelasnya.

Damar dan salah satu panitia lomba mancing menunjukan ikan kakap putih hasil tangkapan peserta. Minggu, (22/9) pukul 09.30 WIB.

Lomba Mancing Ikan Kakap Putih yang digagas oleh Komunitas Pebatan Fishing Club (PFC) ini dimulai pukul 09.00 sampai dengan 14.00 WIB. Dalam perlombaan ini, para peserta dan pengunjung dihibur dengan musik karaoke.

Ketua Komunitas PFC, Didi Lukman Syah mengatakan mancing disini lebih menyenangkan, alasannya karena bisa dijangkau dengan sepeda motor bahkan mobil.

“Lantaran memiliki potensi yang cukup lumayan, anggota karang taruna bersama para pemuda Desa Pebatan yang tergabung dalam komunitas PFC menyulap daerah ini menjadi lokasi untuk mengadakan lomba mancing ikan kakap putih,” ungkap Didi.

Untuk meramaikan perlombaan tersebut, lanjutnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Pebatan bersama anggota karang taruna menggandeng komunitas pehobi mancing, baik yang ada di desanya maupun pemancing dari luar.

Salah satu peserta yang menunjukkan hasil strik ikan kakap putih.

“Kita mengundang komunitas penghobi mancing dari luar juga, karena terbentuknya PFC, bukan berawal dari pemuda yang hoby mancing saja, namun dari kekompakan para pemuda  yang memiliki niat yang sama, yakni memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan kemajuan desanya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Sabtu (21/9) pagi, Pemdes Pebatan beserta elemen masyarakatnya melakukan giat bersih-bersih sampah yang digelar dalam rangka World CleanUp Day 2019 (Hari Bersih Sedunia) disepanjang Sungai Pemali Desa Pebatan sampai pinggiran Desa Siasem.

Muhaimin Sadirun beserta Komunitas PFC.

Tak luput juga para pemuda yang tergabung di PFC yang fokus dilokasi lomba mancing ini. Bahkan anggota DPRD Brebes, Muhaimin Sadirun, dan salah satu Bakal Calon Kepala Desa Pebatan, Moh. Abdul Ghofur ikut terlibat dalam giat bersih-bersih hingga malam hari. (Gust).

LEAVE A REPLY