Brebes Jadi Kawasan Industri, APINDO Menyambut Positif

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Ketua Asosiasi Perusahaan Indonesia (APINDO) Kabupaten Brebes, Edi Suryono mengaku senang dengan penetapan Brebes menjadi salah satu daerah kawasan industri di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

“Brebes ini merupakan daerah ‘seksi’ untuk kawasan industri. Selain wilayahnya luas, penduduknya juga banyak. Kami sangat menyambut positif ketika Brebes ini dijadikan daerah kawasan industri,” ujar Edi, kemarin.

Dari segi luas wilayah, menurutnya, sangat mendukung untuk masuknya investor. Dan jumlah penduduk yang banyak juga mampu menjamin ketersediaan tenaga kerja.

“Saat ini saja, sudah ada puluhan lebih perusahaan yang menyatakan minta masuk ke Brebes melalui APINDO. Mereka mayoritas berasal dari perusahan-perusahaan di Tanggerang yang ingin memperluas jaringan usahanya di Brebes ini,” ungkapnya.

Pihaknya yakin adanya KIB bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Brebes, karena akan banyak tenaga kerja asal Brebes yang terserap dipabrik-pabrik .

“Dari sejumlah pabrik yang saat ini berdiri saja, sudah lebih dari 15.000 tenaga kerja yang terserap. Belum lagi kedepan akan berdiri pabrik garmen yang membutuhkan tenaga kerja antara 14.000 – 20.000 orang. Ini sangat luar biasa,” imbuhnya.

Namun demikian, lanjut dia, peluang itu tergantung dari kesiapan pemerintah daerahnya. Mengingat, untuk kondisi saat ini ada beberapa yang masih menjadi kendala bagi investor untuk masuk ke Brebes.

Disisi lain, terkait kesiapan infrastruktur jalan untuk menuju kawasan industri dan kesiapan jaringan sarana transportasi yang menghubungkan di kawasan industri. Dirinya mengatakan saat ini, para pekerja pabrik di Brebes banyak yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan angkutan umum. Sebab, saat sore hari angkutan umum sudah tidak ada.

“Ini perlu menjadi perhatian serius pemerintah daerah kedepan, termasuk ketersediaan jalannya,” terang dia.

Selain infrastruktur dan jaringan transportasi, pemerintah daerah juga perlu memperhatikan kesiapan tingkat pendidikan sumber daya manusia.

“Sebab, tingkat pendidikan masyarakat di Brebes secara umum masih kurang. Untuk itu, perlu ditunjang dengan adanya peningkatan ketrampilan,” tandasnya.

Kedepannya, lanjutnya, APINDO akan menjembatani perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja agar menyerap tenaga kerja lokal, termasuk dengan membantu kesiapan sumber daya manusianya.

“Yakni, dengan menyedikan pusat-pusat pelatihan kompetensi karyawan sehingga tenaga kerjanya siap pakai,” pungkasnya.

Pihaknya juga meminta proses pelayanan perizinan bisa cepat, lebih baik, dan sesuai prosedur yang ditetapkan. (Gust).

LEAVE A REPLY