Idul Khotmi, Salah Satu Ikhtiar Mencari Ridlo Illahi

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Segala yang dilakukan manusia, pada hakekatnya suatu ikhtiar mencari ridlo Illahi. Seperti halnya kegiatan Idul Khotmi ke-227 di Jatibarang, Kabupaten Brebes Jawa Tengah juga sebagai upaya pendekatan mengharap keridhaan-Nya. Malaikat mencari majelis dzikir yang dipenuhi orang orang shaleh guna menurunkan Rahmat-Nya.

“Daya tarik Syeh Ahmad bin Muhammad  Attijani mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat. Mendalam hingga kelautan batiniah yang sangat dasyat pula. Sehingga jamiyah ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kemaslahatan dunia akherat,” ujar Syeh Wa’li bin Duwainah dari Al Jazair sebagaimana diterjemahkan KH Abdul Hadi Nawawi pada Tablik Akbar dalam rangka Idul Khotmi Lillkubil Maktum Abil Abbas Sayyidi Assyeh Ahmad  Bin Muhammad Attijani RA ke-227 se Indonesia, di Zawiyah Al Firdaus Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang, Brebes, Minggu (20/10).

Sejak dulu, Allah SWT telah mengutus para Nabi-Nya untuk membenahi kehidupan dunia akhirat. Sebagaimana yang dilakukan Rasulullah SAW, mengenalkaln kepada kita agar kenal kepada Sang Pencipta, agar mampu bersyukur pada Allah SWT.

Kita mendapatkan nikmat, karena anugerah dari Allah. Bagaimana cara syukur, adalah dengan giat beribadah pada Allah SWT.  Dengan mempercayai dan membenarkan kabar yang di bawa Rosulullah. Taat kepada Rasul sama dengan taat pada Allah SWT.

‘Sebagai penerusnya, kita harus taat pula pada Sufiyah. Antara lain dengan memerangi hawa nafsu, berakhlak mulia, meniru ahlak Rosul. Dan yang paling tidak boleh dilupakan, yakni dzikir pada Allah sebagai penyempurna ibadah,” tandasnya.

Lebih lanjut Wa’li menjelaskan, bahwa  dalam Sholat harus dibarengi rasa kusyu, yang hatinya tertambat, takut pada Allah. Berdzikir pada Allah.  Dan yang paling dekat pada Allah SWT sebagai hamba adalah ketika tengah bersujud. Sujud, mukanya menghiba pada Allah dan hatinyya bersandar, berglayutan meminta maaf pada Allah SWT,” tandasnya.

Pasalnya, dengan banyak mendekatkan diri pada Allah maka akan diberi hati yang bersih. Hati Yang bersihlah yang menolong menuju surga-Nya,

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengaku bergembira karena Kabupaten Brebes telah dikunjungi ulama-ulama besar se Indonesia bahkan banyak yang datang dari Asia. Idza hanya berharap doa-doa dari para ulama, masyayih, muqodam  dan peserta Idul Khotmi untuk kemaslahatan Bangsa dan Negara, terutama untuk  Kabupaten Brebes.

Apalagi Idul Khotmi ini bertepatan pula dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Mudah-mudahan doa dan dzikir dari seluruh hadirin turut memperlancar jalannya pelantikan. Disamping itu, Negara Indonesia akan menjadi negara yang kuat, bermartabat, baldatun toyibatun warobun ghofur.

Ketua Panitia Hery Pratikno menjelaskan, Idul Khotmi ke-227 diikuti lebih dari 50 ribu peserta dari berbagai  penjuru Indonesia  dengan alat angkut 300 Bus dan ratusan kendaraan pribadi. Dihadiri pula 15 Muqodam atau Pemimpin Toriqoh dari luar negeri.

Selain tablik akbar juga digelar pameran produk lokal Brebes, Ziarah Makam Muqodam, Hailalah Akbar, Halaqah Ilmiyyah Muqoddam, Kholwat dan Istighotsah, Parade Rebana dan Hadroh. (Hms/Gust)

LEAVE A REPLY