Mitha; KPMDB Jakarta Harus Peka Sosial Dan Cetuskan Solusi

/

Jakarta, Harianbrebes.com,- Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) Komisariat Universitan Islam Negeri (UIN) Jakarta menggelar kegiatan penerimaan anggota baru (Makrab) dengan tema Temu Sedulur Aja Isin (Telur Asin), Sabtu, (19/10) kemaren, di Villa Serua Indah, Ciputat Tangerang Selatan.

Ketua KPMDB UIN Jakarta, Nelita Indah Islami, mengatakan kegiatan Makrab Telur Asin dilaksanakan guna mempererat tali silaturahmi antar anggota KPMDB dari yang baru dan sebelumnya. Terutama sesama anggota KPMDB komisariat UIN Jakarta.

“Selain itu untuk memperkokoh nilai-nilai luhur ke-KPMDB-an, nilai-nilai silaturahmi sesama anggota KPMDB, meningkatkan sense of belonging para anggota KPMDB sebagai penerus perjuangan Daerah Brebes,” kata mahasiswa semester 5 jurusan Sastra dan Bahasa Indonesia, UIN Jakarta ini.

Proses kegiatan ini, jelasnya, dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, diantaranya forum diskusi yang dikemas dengan berbagai materi, pengenalan KPMDB, pengenalan kedaerahan, permainan outbond, penampilan kreasi anggota KPMDB UIN Jakarta dan tamu undangan.

“Saat ini anggota lama ada 52 dan yang baru ada 29,” kata Nelita, gadis asal Desa Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Sebagai narasumber tunggal, Paramitha Widya Kusuma yang merupakan anggota DPR RI pun menyambut baik para mahasiswa Brebes yang aktif dalam berorganisasi. Ia berharap mereka dapat memberikan kontribusi positif bagi daerah asalnya.

Anggota Legislatif asal Dapil IX Jawa Tengah ini dalam paparannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes saat ini masih berupaya keras untuk mengentaskan kemiskinan warganya. Berdasarkan data kemiskinan makro Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2018, tingkat kemiskinan Kabupaten Brebes tahun 2018 masih tinggi, yakni 17,17 persen atau sebanyak 309.170 jiwa.

“Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Brebes juga mencatat jumlah angkatan kerja di Brebes saat ini mencapai 850.000. Sedang angka penganggurannya sekitar 5 persen atau 72.000,” kata Paramitha yang akrab dipanggil Mbak Mitha.

Dihadapan puluhan mahasiswa asal Brebes ini, Mitha yang merupakan anak mantan Bupati Brebes, menjelaskan potret kemiskinan di wilayah Kabupaten Brebes. Ia pun mengajak para mahasiswa untuk bersama-sama meningkatkan kepekaan sosial, terutama terkait permasalahan yang ada di daerahnya sendiri.

“Saya menunggu kontribusi positif adik adik Mahasiswa guna bersama membangun Brebes kedepan lebih baik,” pungkasnya. (Gust)

LEAVE A REPLY