Pompa Hormon Bahagia, Begini Cara Prajurit Brebes Hilangkan Stres

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Banyak cara dilakukan untuk melakukan pembinaan fisik. Begitu juga bagi Para prajurit Kodim 0713 Brebes yang memiliki cara tersendiri untuk melepaskan hormon endorfin (bahagia) sehingga bisa menurunkan kadar hormon stres.

Puluhan prajurit Kodim 0713 Brebes memanfaatkan jalan raya Brebes-Jatibarang untuk melakukan pembinaan fisik dalam mendukung kesiapan dalam tugas sehari-hari.

Bintara Tinggi Staf Operasi (Bati Ops) Kodim, Pelda Abdul Kholik menjelaskan, aktivitas aerobik penuh semangat merupakan kebutuhan bagi prajurit selain untuk pembinaan karier.

“Kami melaksanakan aerobik atau aktivitas kardiovaskular untuk menjaga kesehatan tubuh juga pembinaan jasmani sebagai syarat bagi yang akan naik pangkat,” ucapnya, Kamis (24/10/2019).

Lari di jalanan menurutnya, selain kepentingan ke dalam juga untuk menggugah animo masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani untuk menunjang rohani.

Kegiatan diawali dengan senam peregangan dan pemanasan yang dipimpin langsung olehnya di Lapangan Apel Makodim Brebes, Jalan Jenderal Sudirman No. 107 Brebes.

“Banyak manfaat kesehatan dari pelaksanaan lari pagi jika dilakukan rutin minimal dua kali seminggu, diantaranya menurunkan berat badan dan memperlancar sirkulasi darah untuk mengurangi resiko penyakit jantung,” imbuhnya.

Selain itu, katanya, juga untuk menurunkan risiko menderita alzheimer hingga 60 persen serta menurunkan stres.

“Saat melakukan aerobik seperti ini, tubuh akan melepaskan hormon bahagia (endorfin) sehingga menurunkan kadar hormon stress,” pungkasnya. (Aan/Gust)

LEAVE A REPLY