Dari Peristiwa Horor Brexit 2016, Muncul Ide Membuat Ambulan Motor

o /

BREBES, HARIANBREBES.COM, – Pada umumnya, mobil ambulans digunakan untuk proses penyelamatan dalam kondisi darurat, namun untuk penyelamatan khusus didaerah yang medannya sulit, mobil ambulans tidak dapat menjangkaunya. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan inovasi berupa sepeda motor yang diubah menjadi ambulans.

Di Brebes, ambulans motor yang merupakan terobosan inovatif dari Bidang Dokkes Polres Brebes telah mendapat pengakuan dan penghargaan dari Mabes Polri pada April 2019 lalu.

Kaur Dokkes Polres Brebes, Nani Yulia mengatakan, dari peristiwa Horor Brexit, ide membuat ambulans motor tersebut.

Peristiwa Horor Brexit pada arus mudik lebaran 2016 itu merupakan kejadian kemacetan parah di Kabupaten Brebes yang menyebabkan antrean panjang kendaraan di jalan tol Pejagan-Brexit Kabupaten Brebes.

“Idenya dari horor Brexit pada 2016 lalu. Saat itu kan kemacetan kendaraan sampai 39 km. Masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman, terjebak beberapa hari,” kata Nani, Jumat (25/10).

Saat itu, kemacetan juga membuat masyarakat yang akan mudik kehabisan bahan bakar kendaraan. Bahkan, lanjut Nani, masyarakat juga kehabisan bekal makanan dan minuman. Dalam situasi dan kondisi seperti itu, hanya sepeda motor yang dapat menjangkau dan mengirim bantuan.

“Kami tidak ingin itu terulang. Sehingga pada 2017, kami meminjam tiga unit sepeda motor dari Satlantas untuk membentuk ambulan motor,” ungkapnya.

Setelah terbentuk ambulans motor, kata Nani, barulah digunakan untuk menjalankan berbagai tugas dan fungsi Bidang Dokkes Polres Brebes.

Selain itu, imbuhnya, juga dapat digunakan untuk mengirim bantuan dan pertolongan saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor dan banjir.

“Tidak hanya untuk tugas kepolisian saja, tapi juga dalam bencana gempa, banjir dan bencana lainnya, ambulans motor bisa digunakan. Karena, akses jalan sulit, tidak bisa ditempuh ambulan roda empat sehingga lebih mudah dengan roda dua,” tuturnya.

Mabes Polri telah memberi penghargaan atas terobosan inovatif tersebut pada April lalu, ungkapnya, karena ambulans motor milik Bidang Dokkes Polres Brebes yang pertama di jajaran kepolisian di seluruh Indonesia.

Ia pun berharap, inovasi ambulans motor bisa ditiru dan diimplementasikan di seluruh fasilitas kesehatan (Faskes) kepolisian di Indonesia. Dengan ambulans motor, menurutnya, petugas bisa lebih mudah dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat.

“Harapan kami, untuk menolong masyarakat, inovasi ini bisa ditiru di seluruh faskes kepolisian lainnya diseluruh Indonesia,” harapnya.

Ambulans motor yang awalnya hanya 3 unit hasil pinjaman dari Satlantas, kini Dokkes Polres Brebes telah memiliki 6 unit. (Gust)

LEAVE A REPLY