Sambut HKN, 10 Ribu Peserta Ikuti Jalan Sehat Dan Gowes

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Jelang peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tahun 2019 pada 12 November mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes menggelar gowes dan jalan sehat, bertempat di GOR Sasana Kridha Adhi Karsa (SKAK), Kabupaten Brebes, Sabtu (2/11).

Berbeda dari tahun sebelumnya, Dinkes telah menyiapkan rute berbeda antara peserta jalan sehat dan para goweser yang dilepas keberangkatannya oleh Bupati Brebes Idza Priyanti didampingi Suami Warsidin, Wakil Bupati Brebes Narjo, Kepala Dinkes Brebes Sartono dan Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Muhaimin Sadirun juga para kepala OPD.

Sekitar 10 ribuan peserta berkumpul di pintu masuk Gor. Untuk peserta jalan sehat, memulai perjalanan dari pintu masuk GOR SKAK melewati Desa Kelapa Sawit, menuju Desa Padasugih dan mengambi kupon undian di halaman Balai Desa Padasugih, terus menuju jalan Taman Siswa dan finish berakhir di titik awal keberangkatan.

Sedangkan para goweser, yang juga mengambil start dari pintu masuk GOR SKAK menuju jalan taman siswa, melewati Desa Padasugih, Wangandalem, Terlangu, Kalipucang, Kalimati, Krasak. Dilanjutkan menuju Simpang empat Desa Gandasuli memasuki jalan Malik Ibrahim Kelurahan Gandasili, dan berakhir di GOR SKAK.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Sartono dalam sambutannya menjelaskan, Hari Kesehatan Nasional (HKN) bertujuan mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat.

“Saatnya masyarakat membudayakan perilaku hidup sehat, seperti terhindar dari penyakit tidak menular maupun menular lainnya. Tentu, itu semua harus dilakukan sejak dini, dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di layanan kesehatan terdekat,” kata Sartono.

Bukan hanya “Gowes dan Jalan Sehat”, menurutnya, kegiatan lomba-lomba antar karyawan dan karyawati Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, SKPD terkait serta 38 Puskesmas se Kabupaten Brebes juga akan dilaksanakan pada hari berikutnya.

Rangkaian HKN 2019, katanya, akan ditutup dengan Upacara Hari Kesehatan Nasional yang akan diadakan di lapangan alun-alun Pendopo Kabupaten Brebes.

Dalam kesempatan sama, Bupati Brebes, Idza Priyanti yang membuka secara resmi kegiatan itu mengucapkan, terima kasih kepada seluruh OPD, Dinas, dan Instansi serta masyarakat dari dalam Kabupaten Brebes dan luar kabupaten Brebes yang telah hadir pada kegiatan tahunan ini.

“Pemkab Brebes mengapresiasi panitia Dinkes yang telah menyelenggarakan kegiatan HKN ke-55. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat Brebes dapat hidup sehat, serta menciptakan Kabupaten yang unggul dan sehat,” lanjutnya. (Hms/Gust)

LEAVE A REPLY