Di Sungai Pemali Brebes, Tim SAR Latih Puluhan Relawan Soal “Water Rescue”

Brebes, Harianbrebes.com,- Puluhan relawan dari berbagai elemen masyarakat mengikuti Proses pelatihan dasar dan pengenalan teknik pertolongan di permukaan air (Water Rescue) yang diselenggarakan Tim SAR Kabupaten Brebes dan difasilitasi oleh BPBD Brebes, Minggu, (17/11), di Sungai Pemali, Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes.

Waryadi komandan SAR Kabupaten Brebes mengatakan, dirinya mengajarkan kepada para relawan, yaitu teknik-teknik dasar dan teknik pertolongan di permukaan air seperti teknik melempar pelampung ke korban, mengangkat prahu karet, mengendalikan perahu dengan dayung, mendekati korban dengan perahu, menarik dan membawa korban ketempat yang aman.

“Sehingga ketika terjadi bencana alam, para relawan ini sudah siap dilapangan, sekaligus bisa membantu menangani korban,” ungkapnya.

Para relawan tersebut diantaranya, ada yang dari Pelajar SMA, Satgas PB BPBD Brebes, Mapala UMUS, Pramuka, Wipala Bumiayu, Forum Komunikasi Pencinta Alam (FKPA) Brebes, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Brebes, Banser Tanggap Bencana (BAGANA), relawan Orang Indonesia (OI) Brebes, hingga dari relawan Penggerak Masyarakat Peduli (PEMALI) Brebes.

Usai mengikuti pelatihan, salah satu relawan, Azmi yang merasa senang mengikuti pelatihan Water Rescue ini, menjelaskan, ada sedikit kesulitan saat dirinya mengikuti pelatihan.

“Kesulitannya saat mendayung, karena mungkin kita perempuan jadi tenaganya kurang kuat,” ucapnya.

Azmi berharap dengan pelatihan yang dibagi dalam tiga kelompok itu, dirinya bisa menolong orang lain. Minimal bisa menyelamatkan diri sendiri. Selain itu, menurut Azmi, pelatihan ini baginya sangat penting, apalagi saat terjadi suatu bencana.

“Saya baru pertama kali mengikuti pelatihan ini, luar biasa bisa dapat kesempatan ini. Dengan pelatihan Water Rescue, kami bertambah wawasan juga pengalaman,” pungkasnya. (Gust)

LEAVE A REPLY