Djoko; Minuman Tradisional Warisan Nenek Moyang, Harus Dilestarikan

Brebes, Harianbrebes.com,- Ada rahasia nenek moyang kita, kalau pengin kebal terhadap serangan penyakit, generasi Milenial harus mengkonsumsi jamu setiap hari. Minuman kesehatan khas Indonesia ini, mengandung khasiat yang luar biasa sebagai warisan leluhur bangsa.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes, Djoko Gunawan yang mewakili Bupati Brebes, Idza Priyanti saat membuka pameran produk jamu dan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) 2019 di Pasar Ahad Saporete Islamic Center Brebes, Minggu (17/11).

“Jamu adalah minuman tradisional warisan nenek moyang, maka harus kita lestarikan dengan cara mengkonsumsinya setiap hari,” ajak Djoko.

Supaya menarik kaum milenial, jamu harus dikemas semenarik mungkin dengan aneka rasa yang menggoda. Juga penyajian dengan penuh ramah tamah, mempromosikan jamu melalui berbagai media sosial, dan memberikan edukasi mengenai manfaat jamu tradisional pada masyarakat.

Melalui pameran ini, diharapkan masyarakat tidak terus bergantung pada obat, tetapi tumbuh budaya minum jamu untuk hidup sehat bersama dengan minum jamu.

Pameran jamu bertajuk “Bude Jamu-Panggul Segzi” Bugar Dengan Jamu-Pangan Aman, Unggul, Sehat dan Bergizi, mendapat antusias pengunjung Pasar Ahad Saporete. Sekda juga ikut minum jamu bersama di atas panggung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Sartono melaporkan, pameran ini tak hanya menyajikan stand pameran jamu tradisional saja. Tapi juga dimeriahkan dengan 100 stand pameran yang terdiri dari 50 stand jamu tradisional berbagai industri rumahan dan 50 stand produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Brebes.

Pameran diawali dengan senam bersama masyarakat dengan imbalan Doorprize bagi masyarakat yang hadir. Diantaranya berupa Sepeda Gunung, Kompor Gas, Magicom, Dispenser, Blender, serta hadiah menarik lainnnya.

Selain itu, juga turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahana Pangan, Yulia Hendrawati, Staf Ahli Bupati Bidang Kesra dan SDM Masfuri, Kepala Dinkominfotik Johari, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ismu Subroto, Kabag Kesra Setda Brebes, Ahmad Ma’mun, serta ribuan masyarakat Brebes dan sekitarnya. (Hms/Gust).

LEAVE A REPLY