Keputusan Bupati Brebes, Pelaksanaan Pilkades Tahap II Secara Manual

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Pemilihan kepala desa (Pilkades) tahap II di Kabupaten Brebes yang rencananya akan menggunakan sistem elektronik atau e-voting, dibatalkan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes memutuskan pilkades yang diikuti 108 desa itu dilaksanakan secara manual.

Pembatalan tersebut terungkap usai diadakan rapat koordinasi terkait evaluasi Pilkades tahap kedua bersama Bupati Brebes, Idza Priyanti dan sejumlah pejabat terkait, Jum’at, (22/11) di Pendopo Bupati Brebes.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintah Hukum dan Politik sekaligus Plt Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Brebes, La Ode Vindar Aris Nugroho membenarkan bahwa keputusan tersebut diambil dalam rapat koordinasi panitia ditingkat kabupaten dalam rangka evaluasi persiapan sesuai tahapan dalam jadwal pilkades gelombang kedua tahun 2019 di Kabupaten Brebes.

“Iya keputusan Bupati dari hasil rapat koordinasi diputuskan pilkades secara manual,” ungkap Laode kepada Harianbrebes.com.

Dalam rapat evaluasi ini, kata La Ode, setelah mengevaluasi seluruh jadwal, tahapan, persiapan dalam pelaksanaan Pilkades yang semula ditetapkan dengan secara elektronik (e-voting).

“Namun setelah dapat laporan dari masing-masing OPD yang bertugas dalam rangka persiapan Pilkades itu mendapat hambatan- hambatan, salah satunya persiapan yang tidak sesuai dengan tenggang waktu,” tambahnya.

Lebih lanjut, La Ode mengatakan, diantara yang menjadi pertimbangan beralihnya pelaksanaan Pilkades yang semula secara elektronik, kemudian kembali secara manual itu adalah masalah waktu.

“Bahwa pertimbangan waktu yang mepet menjadi pertimbangan utama pilkades secara elektronik dirubah ke pilkades manual. Karena kita melihat dari persiapan, mulai dari sisi pengamanan, dari sisi SDM, kemudian dari sisi pembinaan teknis belum siap, waktunya belum mencukupi,” jelasnya.

Hal yang demikian itu juga, menurutnya, karena untuk mempersiapkan Pilkades secara elektronik yang akan datang agar lebih siap lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes, Rofiq Qoidul Azam saat dihubungi Harianbrebes.com juga membenarkan dari hasil rapat koordinasi diputuskan pilkades secara manual.

“Keputusan Bupati demikian,” ungkapnya singkat. (Gust)

LEAVE A REPLY