Talk Show Di UPS, Mahasiswa BK Gelar Praktikum Fest 2019

o /

Tegal, Harianbrebes.com,- Mahasiswa Bimbingan dan Konseling semester 5 Universitas Pancasakti Tegal menyelenggarakan Praktikum Fest 2019, Selasa (26/11/19) di Gedung Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal.

Dalam kegiatan ini, penyelenggara mendatangkan sejumlah pemateri, diantaranya Mobinta Kusuma, M.Pd selaku UMKM Brebes (Usaha Mikro Kecil Menengah), serta Volunteer dari GREAT Indonesia Nala Izati, Gandies Puspita Rani, Benjamin Akten Burger.

Ketua panitia Praktikum Fest 2019, Indra Tirta Aji mengatakan atas dasar pemenuhan tugas akhir Mahasiswa BK semester 5 dengan mata kuliah Praktikum BK Karir, Praktikum BK Pribadi Sosial, dan Praktikum Konseling Individu itulah kegiatan ini diselenggarakan.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 200 peserta ini, kata Indra, bertujuan untuk memberikan fasilitas (job fair) kepada pencari kerja, menambah wawasan dan pengetahuan tentang pribadi dan sosial, serta mengembangkan potensi melalui konseling dan akhirnya mampu menemukan potensi yang ada dalam dirinya untuk mempersiapkan masa yang akan datang.

“Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan mahasiswa BK agar dapat berkreasi dan lebih bisa mengembangkan kedunia luarnya, misal pendidikan BK tidak hanya bisa bekerja di sekolah saja, namun bisa juga mengembangkan wirausaha sendiri” tambahnya.  

Menurut Indra, mahasiswa prodi BK harus selangkah lebih maju dan tidak monoton dengan teori yang didapatkan dalam bangku perkuliahan saja.

Selanjutnya, selaku panitia acara, Moris Mukti mengatakan, konseling individu sendiri menampilkan produk berupa flyer hasil konseling dengan klien, dan berbagai pendekatan lalu teknik yang sudah dipelajari selama ini dalam konseling.

“Kami juga menyediakan stand, supaya rekan-rekan pelajar dapat konseling dengan konselor dan mendapatkan beberapa informasi mengenai karir maupun konsultasi mengenai masalahnya,” tutur Moris.

Tema kegiatan ini, kata Moris, adalah “One Step For Better Future” yang diharapkan supaya siswa pelajar dan mahasiswa dapat mempersiapkan masa depan yang akan mereka pilih

Salah satu peserta Praktikum Fest 2019, Eka mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya. Selain itu, ia mengaku semakin yakin dengan jurusan yang diambilnya.

“Kegiatan ini juga sangat positif dan bisa menjembatani bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan setelah lulus dari akademik nanti,” tandasnya. (Kikih/ Gust)

LEAVE A REPLY