Ketua RT dan RW Di Desa Klampok Dapat Jaminan BPJS Ketenagakerjaan

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Total 91 orang yang merupakan Ketua RT dan RW Desa Klampok, Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes mendapat jaminan perlindungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) Ketenagakerjaan. Sebelum menjadi peserta, mereka mendapat sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan di Balai Desa setempat, Rabu (27/11).

Kepala Desa Klampok Nasikhatun Fitriyani menjelaskan, dari 91 orang tersebut terdiri dari ada 85 ketua RT, 6 ketua RW dan 1 anggota BPD Klampok.

“Mudah-mudahan, kepesertaan mereka mendorong warga lainnya untuk mendaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Kades Klampok.

Kepesertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan manfaatnya sangat banyak dan mudah-mudahan bisa mendorong semangat bekerja bagi mereka.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Lo Ode Aris Vindar Nugroho yang hadir mewakili Mewakili Bupati Brebes, Idza Priyanti, mengucapkan selamat kepada perangkat Desa Klampok yang telah terlindungi BPJS Ketenagakerjaan. Dirinya berharap agar dalam bekerja semakin mantap, hal itu dikarenakan perangkat desa tersebut telah mendapat jaminan keselamatan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Atas nama pemerintah daerah, Lao Ode juga menyampaikan turut berbela sungkawa yang telah menimpa warga desa Klampok yang telah meninggal dunia. Karena ikut BPJS Ketenagakerjaan, menerima santunan Jaminan Kematian.

“Masing-masing ahliwaris, mendapatkan santunan sebesar Rp 24 juta dan total penyerahan santunan jaminan kematian sebesar Rp 72 juta.

Semoga dengan santunan ini, bisa meringankan beban bagi keluarga penerima ahli waris yang telah ditinggalkan,” ucap La Ode..

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal Novri Annur mengatakan, inisiasi kerjasama BPJS ketenagakerjaan dengan Pemerintah Desa, bertujuan mensosialisasikan manfaat program BPJS ketenagakerjaan.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Brebes, atas dukungannya untuk program jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan sampai ke Desa Klampok Kecamatan Wanasari.

“Orientasi kita adalah sosial sehingga murah, bukan orientasi keuntungan,” ungkap Annur.

Menurutnya, hanya dengan iuran sebesar Rp 9 ribu setiap bulan untuk peserta program jaminan sosial akan terjamin biaya pengobatannya jika terjadi resiko kecelakaan kerja. Dan jika mengalami resiko tutup usia, keluarga atau ahli waris akan mendapat santunan sebesar Rp 24 juta. .

Annur menjelaskan, sosialisasi dan edukasi program BPJS Ketenagakerjaan meliputi empat program di antaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Untuk RT/RW hanya disosialisasikan dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK),” ujarnya.

Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Brebes Agus Pandu Indra Putra mengungkapkan, alasan kenapa pengurus RT dan RW diikutkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan karena mereka adalah ujung tombak dari pemerintahan. Dan langsung bersentuhan dengan masyarakat serta juga menjadi penyambung lidah tentang program BPJS Ketenagakerjaan yang sekarang mempunyai call name baru yaitu BP JAMSOSTEK.

Pandu memaparkan, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Brebes Ahmad Yani menggandeng Pemerintah Kabupaten Brebes untuk mensejahterakan para aparaturnya. Mulai tingkat pengurus RT, RW dan BPD.

“Ini merupakan sinergitas yang kerap dilakukan antara Pemerintah Kabupaten Brebes dengan BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan santunan Jaminan Kematian kepada tiga orang ahliwaris dari tenaga kerja pengurus RT. Diataranya Listiowati ahli waris alm Mohammad Taufik Bahtiar, Hj Sopilah ahli waris alm M Karsiwan, Sutinah ahli waris alm Kusnandar. Masing – masing ahliwaris mendapatkan santunan sebesar 24 Juta dan total penyerahan santunan Jaminan Kematian sebesar 72 juta rupiah.

Program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat membantu Pemerintah Kabupaten Brebes dalam mensejahterakan para aparatur khususnya pengurus RT dan RW. Karena hanya dengan Rp  9 ribu para pengurus RT dan RW sudah terlindungi pada 2 Program Jaminan yaitu Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja. (Hms/Gust)

LEAVE A REPLY