Demi Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Bupati Ubah Jadwal Pelaksaan Pilkades

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Rencana untuk melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak gelombang ke dua di Kabupaten Brebes berubah. Hal itu terungkap setelah Pemkab Brebes mengelar Rapat Koordinasi Persiapan Pilkades Gelombang II (kedua) di ruang rapat Sekda Brebes.

“Yang semula dijadwalkan pada hari Rabu 18 Desember 2019 berubah di hari Minggu 15 Desember 2019,” kata Asisten I Setda Brebes, Atthoillah saat ditemui Harianbrebes.com di Kantor Setda Brebes, Kamis (28/11).

Setelah dianalisa, menurutnya, kebijakan Bupati Brebes yang mengambil langkah perubahan untuk Pilkades gelombang kedua itu dimungkinkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

“Karena hari libur, maka mereka yang bekerja di Jakarta bisa pulang, kemudian mereka yang bekerja di pabrik bisa mengunakan hak pilihnya di TPS Desanya,” lanjutnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik sekaligus Plt Kabag Pemdes Setda Brebes, La Ode Aris Vindar Nugroho, mengungkapkan alasan perubahan pelaksaan Pilkades tersebut. Menurut La Ode, hal itu karena adanya aduan dari masyarakat yang kemudian dibahas di Grup Forum Camat.

“Karena aduannya di grup forum camat maka edaran resminya akan diumumkan setelah rakor siang ini,” ungkapnya. (Gust)