Tahun Depan, BPS Akan Lakukan Pendataan Penduduk Secara Online

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Badan Pusat Statisitik (BPS) akan mulai melakukan pendataan (sensus) penduduk secara online pada tahun 2020 mendatang. Hal itu disampaikan Kepala BPS Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Martin Sutanta, dalam kegiatan sosialisasi BPS yang dihadiri perwakilan dari kalangan organisasi keagamaan, Rabu (28/11) di Grand Dian Hotel Brebes.

BPS Brebes sendiri, kata Martin menargetkan 30 persen penduduk bisa mengakses dan melakukan sensus secara online.

“Sensus penduduk akan mulai dilakukan secara online pada Februari hingga Maret 2020,” ujar Martin.

Yang 70 persen, dengan menggunakan manual pada bulan Juli 2020. Atau sisanya adalah bagi warga Brebes yang tidak bisa melakukan sensus secara online.

Dengan sistem online, menurutnya bisa mengantisipasi kendala yang dihadapi ketika menggunakan sistem manual. Sebagai contohnya, dulu ketika manual, kadang warga yang ditemui dirumahnya sepi.

“Kita maklumi karena mereka juga ada aktivitas. Nah, kendala tersebut, bisa diatasi saat ini dengan sistem online,” ungkapnya.

Mereka bisa melakukan sensus secara online dimana pun dan kapanpun dengan mengunakan telepon pintar (handphone android).

Untuk Sensus Penduduk pada tahun 2020 mendapatang, jelasnya, BPS menggandeng Dukcapil. Dengan demikian, nantinya warga Brebes tinggal memasukkan NIK maupun nomor KK yang dimiliki ke dalam situs. Meskipun online, penduduk tidak perlu menginstal aplikasi. Sebab, sistem berbasis website.

“Ketika mereka melakukan sensus online, mereka tinggal masuk website www.sensus.bps.go.id kemudian ketik NIK dan nomor KK, nantinya akan muncul semua data keluarga. Di situ nanti ada variabel yang harus diisi,” jelasnya. (Gust)