Mitha Serahkan Beasiswa Bidikmisi, Total Anggarannya Rp 2 Miliar

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Usai sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Anggota DPR RI, Paramitha Widya Kusuma menyerahkan beasiswa Bidikmisi secara simbolis kepada para mahasiswa Brebes yang berprestasi.

Nantinya, beasiswa tersebut diberikan total kepada 800 mahasiswa yang sasarannya adalah kalangan yang kurang mampu di Kabupaten Brebes, dengan masing-masing Rp 2,5 juta per tahunnya.

“Tujuan dari pemberian Beasiswa bidik misi ya supaya para mahasiswa ini dapat menyelesaikan pendidikan tanpa terlalu membebani orang tuanya,” kata Paramitha yang akrab dipanggil Mitha, Jumat (29/11/2019), di gedung DPRD Brebes.

Dalam kesempatan itu, Mitha berpesan agar para pemuda dan mahasiswa yang hadir dalam sosialisasi tersebut, memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai dasar Pancasila ke dalam gaya hidup mereka sehari-hari.

Disisi lain, Kasi Kepemudaan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes, Taufik mengatakan, beasiswa Bidikmisi yang diberikan tersebut sebagai bentuk perhatian Pemkab Brebes pada dunia pendidikan khususnya dari keluarga tak mampu.

“Total anggaran untuk Bidikmisi Rp 2 miliar. Jumlah itu untuk 800 mahasiswa. Setiap orangnya menerima Rp 2,5 juta per tahun,” kata Taufik.

Selain Bidikmisi, Pemkab Brebes juga menganggarkan beasiswa atau bantuan bagi siswa miskin (BSM) tingkat SMA/SMK dan MA. Totalnya mencapai Rp 7 miliar yang diperuntukan bagi 25.000 siswa dengan nilai Rp 300 ribu per tahunnya setiap siswa.

“Semua program beasiswa itu guna meningkatkan kualitas SDM di Brebes. Hal itu seiring adanya program gerakan kembali bersekolah (GKB) yang pada 2019 ini ada 1.400 anak putus sekolah dan telah dibiayai Pemkab sehingga bisa kembali bersekolah,” paparnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut, selain dihadiri para pemuda dan mahasiswa, juga dihadiri Ketua DPC PDIP Brebes, Indra Kusuma, beserta para anggota Fraksi PDIP DPRD Brebes, dan jajaran struktural DPC PDIP hingga kadernya. (Gust)

LEAVE A REPLY