Paramitha; Implementasi Empat Pilar Kebangsaan Sebagai Arah Gerak Pemuda Masa Depan

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Anggota DPR RI, Paramitha Widya Kusuma yang akrab dipanggil Mitha, mengatakan Empat Pilar Kebangsaan itu selain diibaratkan tiang rumahnya bangsa Indonesia, juga ibarat keluarga, dimana didalamnya ada ayah, ibu serta anak-anak.

“Keluarga itu harus bersatu, harus satu kesatuan, kalau keluarga ada satu yang hilang itu tidak akan menjadi empat pilar dan tidak kokoh lagi,” kata Paramitha saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar, Jum’at, (29/11) di Gedung DPRD Brebes.

Tujuan Empat Pilar sendiri, kata Anggota Komisi VII DPR RI Dapil IX Jawa Tengah ini adalah untuk membentengi negara Indonesia dari berbagai ancaman, baik ancaman dari luar maupun dari dalam.

“Karena Empat Pilar inilah yang akan membentuk pribadi-pribadi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, MPR yang terdiri dari anggota DPR dan DPD RI ditugaskan untuk mensosialisasikan empat pilar kepada masyarakat agar mereka tahu akan kepribadian bangsa Indonesia,” tambah Mitha.

Mitha berharap pemuda dan mahasiswa yang hadir ini mengetahui, memahami, menghayati dan menjadikan nilai-nilai yang berdasarkan Pancasila kedalam gaya hidup mereka sehari-hari.

“Pancasila itu bukan bikinan manusia, Pancasila merupakan anugerah dari Allah SWT. Pancasila bukan bikinan Bung Karno, tapi Bung Karno lah yang menggali dari tanah Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila mesti dipahami sebagai anugrah dari Tuhan lalu direnungkan sebagai keyakinan,” ujarnya.

Dipuncak kegiatan sosialisasi tersebut, Mitha menyerahan beasiswa Bidikmisi secara simbolis kepada dua mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi (Umus) Brebes.

Nantinya, beasiswa tersebut diberikan total kepada 800 mahasiswa yang sasarannya adalah kalangan yang kurang mampu di Kabupaten Brebes, dengan masing-masing Rp 2,5 juta per tahunnya.

“Tujuan dari pemberian Beasiswa bidik misi ya supaya para mahasiswa ini dapat menyelesaikan pendidikan tanpa terlalu membebani orang tuanya,” lanjutnya.

Disis lain, Kasi Kepemudaan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes, Taufik mengungkapkan, beasiswa Bidikmisi yang diberikan tersebut sebagai bentuk perhatian Pemkab Brebes pada dunia pendidikan khususnya dari keluarga tak mampu.

“Total anggaran untuk Bidikmisi Rp 2 miliar. Jumlah itu untuk 800 mahasiswa. Setiap orangnya menerima Rp 2,5 juta per tahun,” ungkap Taufik.

Selain Bidikmisi, Pemkab Brebes juga menganggarkan beasiswa atau bantuan bagi siswa miskin (BSM) tingkat SMA/SMK dan MA. Totalnya mencapai Rp 7 miliar yang diperuntukan bagi 25.000 siswa dengan nilai Rp 300 ribu per tahunnya setiap siswa.

“Semua program beasiswa itu guna meningkatkan kualitas SDM di Brebes. Hal itu seiring adanya program gerakan kembali bersekolah (GKB) yang pada 2019 ini ada 1.400 anak putus sekolah dan telah dibiayai Pemkab sehingga bisa kembali bersekolah,” paparnya.

Dalam kegiatan sosialisasi empat pilar yang dihadiri ratusan pemuda dan mahasiswa, juga hadir Ketua DPC PDIP Brebes, Indra Kusuma, para anggota Fraksi PDIP DPRD Brebes, jajaran struktural DPC PDIP hingga kader partai. (Gust)

LEAVE A REPLY