Duta Besar Dari 17 Negara Sahabat Indonesia Berkunjung Ke Kabupaten Brebes

Brebes, Harianbrebes.com,- Rombongan Duta Besar dari 17 negara sahabat Indonesia berkunjung ke Kabupaten Brebes, Sabtu (30/11) siang. Mereka memiliki beberapa agenda selama dua hari berkegiatan di Brebes.

Mereka pertama kali tiba di Stasiun Brebes dan langsung disambut oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti yang didampingi suami, Warsidin, serta Wakil Bupati Brebes Narjo, Sekda Brebes Djoko Gunawan, Kepala beserta staf Stasiun Brebes, Jajaran Staf Ahli Bupati dan Para OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes.

Kemudian, mereka secara bersama-sama mendatangi lokasi obyek wisata Mangrove Sari. Sesampainya di depan pintu masuk manggrove sari, rombongan pun disambut dengan musik angklung dan tarian hingga diantara mereka ada yang ikut berjoget bersama para penari. Suasana saat itu berlangsung meriah, apalagi nampak anak-anak berbaju Pramuka turut menyambut dengan ramah.

Setelah itu, mereka bersama-sama memasuki lokasi hutan Mangrove Sari, menaiki perahu motor menuju dermaga Mangrove Sari dan dilanjut berjalan kaki menuju tengah hutan itu.

Sesampainya ditengah hutan, mereka menyantap aneka makanan dan minuman tradisional yang telah disediakan panitia. Tak hanya itu, diantara mereka juga ada yang menyempatkan diri membatik tentu dengan gambar dan motif batik manggrove sari. Berbagai spot di hutan mangrove itu pun tak disia-siakan, dari mulai spot foto selfie hingga menaiki menara pandang.

Hutan mangrove tersebut, menurut Perwakilan dari Kedutaan Slovakia, Maria Kolarikova, merupakan tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi. Bahkan Maria mengaku takjub dengan keindahan hutan Mangrove Sari.

“Ini salah satu tempat di Indonesia yang bagus untuk dikunjungi. Saya berharap bisa berkunjung lagi. Dan saya akan mengajak teman saya berkunjung ke sini,” kata Maria (dalam Bahasa Inggris).

Hal yang senada pun disampaikan perwakilan Kedutaan Palestina, Taher Hamad yang mengaku senang karena ini pertama kalinya berkunjung ke Brebes. Ia mengatakan, keindahan lokasi wisata Mangrove Sari ditambah keramahan warga, membuatnya terkesan.

“Dan kami berterima kasih kepada Bupati atas undangannya kepada negara-negara sahabat ini. Di sini ada ikan dan banyak pohon magrove. Saya berharap banyak lagi turis yang datang,” ungkapnya saat ditemui Harianbrebes.com.

17 Kedutaan Negara Sahabat Indonesia yang berkunjung ke Brebes, ialah Bahrain, Vietnam, Srilangka, Slovakia, Afganistan, Myanmar, Iran, Suriname, Belarusia, Irak, China, Prancis, Maroko, Palestina, USA, Rusia, Tunisia beserta pendamping.

Sementara itu, Bupati mengatakan, kedatangan para duta besar maupun perwakilan kedutaan negata sahabat tersebut berdasarkan undangan saat pelaksanaan pameran di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bupati mengatakan, bahwa tujuan dari kunjungan mereka adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan pariwisata dan produk unggulan yang ada di Kabupaten Brebes.

“Dengan begitu, maka akan banyak wisatawan yang akan datang ke Brebes. Tentunya hal itu berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan warga Brebes,” tambahnya.

Mereka ini nanti, lanjutnya, diharapkan akan menyampaikan dan mengajak ke warga negara masing-masing untuk juga datang ke berbagai wisata di Brebes. Sehingga ada peningkatan jumlah wisatawan.

“Selain itu, Brebes telah ditetapkan menjadi kawasan industri dan kawasan peruntukan industri. Adanya penetapan tersebut, maka Brebes membutuhkan investor sebanyak-banyaknya untuk menanamkan investasinya,” lanjutnya.

Idza juga berharap, melalui para duta besar yang datang ke Brebes ini, nantinya mereka bisa menyampaikan kepada pengusaha atau perusahaan agar berinvestasi di Kabupaten Brebes. (Gust).