Rem Blong, Picu Kecelakaan Karambol Di Depan SMP 01 Paguyangan, Brebes

>

Brebes, Harianbrebes.com,- Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Nasional Tegal-Purwokerto, ruas Bumiayu-Paguyangan, tepatnya di depan SMP 01 paguyangan, Desa Pagojengan, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kamis (13/2) kemaren.

Lima mobil terlibat kecelakaan karambol ini yaitu truk gandeng dengan Nopol G 1913 CE, Daihatsu Terios T 1703 EP, Mitsubishi L300 B 9855 AG, Mitsubishi pick up L300 G 1830 PG, Kijang Innova B 1047 SYA dan satu buah truk lagi namun melarikan diri.

Dibenarkan Danramil 11 Paguyangan Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Suryadi, bahwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 14.40 WIB, dipicu truk gandeng yang bermuatan gandum dengan Nopol G 1913 CE yang hilang kendali akibat gagal fungsi pengereman/rem blong sehingga menabrak 4 kendaraan yang ada di depannya. Kamis (13/2/2020).

“Truk gandeng yang dikemudikan Bagus Setiaji (23) warga Desa/Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, melaju dari arah selatan (Purwokerto) menuju ke utara (Tegal). Mulai dari Kampus Universitas Peradaban, truk hilang kendali karena rem tidak bisa berfungsi sehingga menabrak kendaraan yang melaju searah di depannya,” jelasnya.

Tak hanya itu, dua kendaraan pick up L300 yang berlawanan arah juga terlibat kecelakaan setelah Daihatsu Terios yang dikemudikan Irwanto (43) warga asal Benda Kecamatan Sirampog, Brebes, terpental keluar jalur dan disambut kedua pick up.

“Mobil Terios yang ditabrak truk gandeng dari belakang, menabrak Kijang Innova di depannya dan kemudian terpental keluar jalur sehingga disambut pick up dari arah berlawanan,” tandasnya.

Lanjutnya, truk yang tetap melaju kemudian juga menabrak Kijang Innova tersebut sehingga juga membuatnya keluar jalur dan menabrak pembatas jalan. Laju truk baru terhenti setelah menabrak truk searah lainnya di depan minimarket Alfamart Pagojengan, namun truk yang ditabrak ini melarikan diri.

Atas insiden ini, pengemudi truk gandeng mengalami luka memar di bagian kaki kanan (RS. Siti Aminah Bumiayu), Robby Yudha Pratama (26) penumpang Innova yang merupakan anggota Polri yang beralamatkan di Aspol 1 Brebes mengalami luka memar di bagian tangan kanan (RSUD Bumiayu dilanjutkan dirujuk ke RS. Ortopedi Banyumas). Sedangkan 2 orang lainnya mengalami luka ringan.

“Seluruh kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami rusak berat. Satlantas Polsek Bumiayu mengevakuasi kendaraan tersebut ke Polsek. Anggota kami juga membantu Polsek untuk mengatur lalu-lintas yang sempat macet selama 1 jam, mengular sepanjang kurang lebih 1 kilometer dari arah Tegal-Purwokerto maupun sebaliknya,” pungkasnya.

Sementara dari pengakuan kernet truk, Rizal (35), bahwa truk yang ditumpanginya mulai tak terkendali saat menuruni Fly Over (FO) Kretek Brebes.

Kapos Lantas Polsek Bumiayu, Aipda Andhi Prasetya, olah TKP telah dilakukan guna memastikan penyebab utama terjadinya kecelakaan tersebut. Dari hasil pendataan, selain kedua korban tersebut, korban lainnya yang mengalami luka adalah Lela (31) warga Bumiayu. (Aan/Gust)