Cegah Covid-19, Idza; Kita Sudah Lakukan Edukasi Hingga Tingkat RT

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengaku bahwa kesiapan Pemkab sudah dilakukan semaksimal mungkin, termasuk dengan menggandeng berbagai unsur seperti TNI, Polri, Ormas, hingga aparatur desa hingga RT/RW untuk melakukan edukasi dan kesiapan lainnya.

“Kita sudah melakukan gerakan edukasi hingga tingkat RT RW mencegah diri dan berdiam diri dirumah, belajar di rumah. Bila tidak ada kepentingan yang mendesak, lebih baik stay at home. Belajar dan bekerja dari rumah,” kata Idza saat mengecek ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) yang sudah dimiliki oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes untuk penangan kasus Corona atau Covid-19.

Untuk memastikan kondisi riil antara kebutuhan dan ketersediaan APD yang ada, Bupati mengecek langsung ketersediaan APD yang dimiliki Dinkes Brebes. Sehingga benar-benar bisa dilakukan antisipasi dini dengan pembelian maupun permohonan permintaan kepada pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat. Dari hasil pengecekan, kata Bupati, keberadaan logistik untuk pencegahan Covid-19 sudah ada.

“Alhamdulillah. Sudah ada persiapan Alat Pelindung Diri (ADP) sebanyak 114 unit. Dan nanti akan datang lagi sebanyak 150 unit bantuan dari Gubernur Jawa Tengah,” ungkap Bupati disela pengecekan logistik APD di Gudang Farmasi Dinkes Brebes, Selasa (24/3).

Selain itu, pihaknya juga tengah menengok Rumah Sakit Bhakti Asih di Jatibarang yang dipersiapkan untuk perawatan. Namun demikian, lanjut Idza, RSUD Brebes juga sudah disiapkan, yang tadinya hanya 20 bad kini sudah disiapkan 100 bad khusus untuk penanganan kasus Corona.

Bupati berharap seluruh warga Brebes senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat serta mampu menahan diri di rumah, mudah-mudahan penyebaran Covid-19 tidak terlalu banyak. (Gust)