Kades Pebatan; Bagi Yang Baru Mudik, Wajib Cek Suhu Tubuh

Brebes, Harianbrebes.com,- Penyebaran virus corona yang setiap hari terus meluas membuat masyarakat Desa Pebatan merasa khawatir. Ditambah lagi dengan kabar melonjaknya pemudik yang datang dari daerah yang terpapar virus Corona.

Demam atau suhu tubuh tinggi merupakan salah satu gejala dari penyebaran virus corona. Maka, pemerintah desa Pebatan bergerak cepat melakukan antisipasi sederhana, yaitu dengan melakukan pengecekan suhu tubuh sejumlah orang yang baru mudik ke desa setempat.

Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan oleh tim satgas pencegahan covid 19 dengan mendatangi langsung rumah-rumah warga yang baru mudik.

Kepala Desa Pebatan, M. Abdul Ghofur mengatakan pengecekan suhu tubuh ini dilakukan oleh tim satgas pencegahan covid 19 dengan menggunakan body thermal scanner. Alat ini bisa melihat kisaran suhu tubuh seseorang dengan cara ‘menembakannya’ ke dahi.

“Termometer inframerah genggam, non-kontak, atau thermal ini digunakan sebagai perangkat untuk menyaring warga kami yang demam, terutama yang baru mudik dari daerah yang terpapar wabah virus corona,” kata Gofur. Kamis, (26/3).

Jika suhu tubuh seseorang tidak normal, atau demam, lanjutnya, maka tim satgas pencegahan covid 19 Desa Pebatan akan menyarankan orang itu untuk periksa ke puskesmas Sidamulya.

Yang pertama, tentu harus melalui tim satgas untuk dilakukan pengecekan suhu badan. “Mau tidak mau, semua warga kami yang baru mudik dari daerah yang terpapar virus Corona seperti Jakarta, Depok dan daerah lainnya, harus dicek suhu badannya,” ucap Ghofur.

Kades Pebatan menegaskan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di lingkungan desanya.

“Selain cek suhu badan, kami juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah tempat umum. Terutama ruangan pelayanan publik. Seluruh bagian ruangan, baik yang tertutup dan terbuka ikut disemprot disinfektan,” tegasnya.

Ghofur berharap, dengan dilakukannya beberapa langkah itu dapat mencegah dan memutus penyebaran virus corona. Baik di lingkungan desanya maupun masyarakat Kecamatan Wanasari.

“Kita tahu bahwa pemerintah pusat sampai daerah lagi serius menangani virus corona. Kita di pedesaan hingga lingkup rumah tangga juga berperan mencegah penyebaran corona. Dan yang terpenting, jaga pola hidup sehat,” ujarnya.

Dia juga menghimbau kepada semua warganya yang ke kantor desa berkaitan dengan pelayanan juga wajib di check suhu badan serta di semprot tangannya dengan cairan hand sanitizer yang sudah di siapkan di kantor desanya. (Gust).

(Gust).