Protes Pembakaran Bendera, Kader PDI Perjuangan Long March Menuju Mapolres Brebes

/

Brebes, Harianbrebes.com,- Ratusan Pengurus dan Anggota DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes melakukan long march menuju Polres Brebes, Minggu, (28/6). Mereka melakukan itu untuk menyampaikan aspirasi dan membawa pernyataan sikap yang berisi terkait protes keras insiden pembakaran bendera PDI Perjuangan serta mendukung proses hukum yang sedang ditempuh DPP PDI Perjuangan.

Dengan menggenakan baju merah dan membawa berbagai atribut partai, mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan “Kader dibawah siaga menunggu komando ibu ketua umum, kami bukan PKI, kami PDI Perjuangan, Pancasila Sejati, NKRI Harga Mati”. DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes menggelar aksi damai long march menuju Mapolres Brebes. Aksi tersebut sebagai bentuk kekecewaan mereka atas insiden pembakaran bendera partai dalam demo tolak RUU HIP pada Rabu (24/6).

Ketua DPC PDI Perjuangan, Indra Kusuma menyatakan pihaknya meminta kepada pihak kepolisian untuk segera mengusut kejadian terkait pembakaran bendera PDI Perjuangan sekaligus meminta kepolisian menangkap pelakunya.

Dalam kesempatan itu, Indra juga mengaku sangat prihatin dengan adanya insiden pembakaran bendera PDI Perjuangan yang terjadi pada Rabu (24/6) di depan Gedung DPR/MPR RI.

“Kami juga menyatakan sikap, bahwa PDI Perjuangan akan tetap menjaga NKRI dan persatuan kesatuan masyarakat,” tambahnya.

Ditegaskannya, dalam pernyataan sikap itu, Pancasila tetap menjadi ideologi bangsa, negara dan PDI Perjuangan. Serta menjaga dan mengamalkan Pancasila. Siap membela NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada kepolisian untuk mengusut penyimpan dan pembuat bendera PKI. “Demikian pernyataan dan pernyataan sikap ini saya sampaikan sebagai respon peristiwa politik belakangan ini. Semoga, Tuhan Yang Maha Esa meridhoi bangsa dan negara kita,” pungkasnya.

Dua hari sebelumnya, terkait pembakaran bendera, ketua DPC PDI Perjuangan juga telah mengerahkan anggota kadernya untuk memasang bendera PDI Perjuangan di sejumlah titik di 17 kecamatan di Kabupaten Brebes. (*/Gust)