Terkait Acara Gowes di Kalijurang, Bupati Brebes Minta Maaf

o /

Harianbrebes.com,- Bupati Brebes, Idza Priyanti meminta maaf kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyusul teguran keras, terkait ditengah pendimi Covid-19 menghadiri acara Gowes di Kalijurang, Kecamatan Tonjong, yang diramaikan musik dangdutan, Minggu (12/7).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes Tatag Koes Adiyanto mengatakan, Bupati sudah menyampaikan permohonan maaf kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, atas kehadirannya di acara gowes yang digelar Karang Taruna Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Minggu (12/7).

“Kepada Gubernur, Bupati telah menyampaikan bahwa kedepannya akan lebih selektif dan perketat protokol kesehatan di berbagai kegiatan agar terhindar dari Covid-19,” ungkapnya, Senin (13/7), menanggapi berita seputar kegiatan Gowes di Kalijurang.

Menindaklanjuti saran Gubernur, lanjut dia, Bupati akan melaksanakan dan mengkoordinasikan dengan Sekda dan Asisten I yang akan diteruskan oleh Dinas Kesehatan dan para camat di 17 kecamatan, untuk diadakan rapid test di wilayah Brebes Selatan. “Selanjutnya nanti saya laporkan kepada pak Gubernur dan untuk acara massal tidak diijinkn dulu,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, kehadiran Bupati Brebes pada acara gowes warga itu untuk mengedukasi tentang Pandemi Covid-19. Dirinya justru membagi masker, tanam pohon, membagi bansos dan gowes serta donor darah.

“Kehadiran Bupati pada kegiatan tersebut justru bermaksud untuk mengedukasi masyarakat Kalijurang agar memakai masker, jaga jarak dan tingkatkan imun tubuh,” ungkapnya.

Menurut dia, kegiatan itu sangat positif, sehingga Bupati hadir atas undangan panitia.”Dalam sambutannya, Bupati menganjurkan peserta agar tetap pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun. Namun pada saat Bupati hendak bernyanyi dan memberikan sambutan maka Bupati menurunkan masker ke lehernya agar suaranya terdengar jelas” pungkasnya.

Seperti diberitakan beberapa media, Bupatii Brebes Idza Priyanti disorot publik karena menghadiri acara gowes massal di Desa Kalijurang Kecamatan Tonjong, Minggu (12/7). Acara yang dihadiri ribuan orang tanpa mengedepankan physical distancing dan protokol kesehatan itu disesalkan banyak pihak, termasuk Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Ganjar menyesalkan acara gowes massal yang dihadiri Bupati Brebes tersebut

Ganjar langsung menegur Bupati dan Wakil Bupati Brebes melalui pesan singkat Whatsapp. Gubernur meminta Bupati Brebes untuk tidak menggelar acara massal dulu. Itu karena kondisi yang terjadi masih fluktuatif. Selain itu, Gubernur Ganjar meminta Bupati Brebes menghentikan semua acara-acara yang menimbulkan kerumunan massa. (Bay/Gust)