Gunungan Sampah, di Sulap Jadi Taman Bantaran Kali Pemali

o /

Brebes, HarianBrebes.com,- Pandemi Corono (covid-19) pun ternyata bisa memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif ditengah warga. Salah satunya seperti yang terjadi di Desa Pebatan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Yakni sampah yang menggunung di sepanjang kali Pemali di desa setempat bisa disulap menjadi “Taman Bantaran Kali Pemali Desa Pebatan”.

Bantaran Sungai Pemali yang dulu digunakan untuk membuang sampah ini, sekarang bisa untuk pusat kegiatan olah raga, seperti sepak bola, bola volly, senam aerobik, hingga panjat dinding yang masih dalam tahap pembangunan.

Hal itu seperti halnya yang disampaikan Kepala Desa Pebatan, Mohammad Abdul Gopur saat ditemui dilokasi Taman BKP Pebatan.

“Hari ini, kami menggelar kegiatan Pasar Nyemek-Nyemek yang digunakan aktivitas warga menjual kuliner dan produk-produk umkm. Launching yang dibuka hari ini (02/08/2020) diwarnai dengan senam aerobic dan panggung hiburan. Kegiatan hari ini untuk ajang ujicoba sekaligus mengevaluasi kekurangan dan apa keinginan pasar,” kata Ghofur.

Kata Nyemek-Nyemek menurutnya diambil dalam bahasa lokal artinya pas sesuai porsinya tidak berlebihan atau fresh the oven. Gopur berharap tempat ini bisa menjadi ajang kegiatan masyarakat untuk berusaha, beraktivitas dan berkreasi. Pusat kegiatan masyarakat yang kedepannya bisa dikembangkan menjadi daya tarik wisata. 

“Kelak disini akan dibangun outbond kids, pusat kuliner,  pemancingan dan taman edukasi lainnya. Melihat potensi yang dimiliki dan lokasinya yang berada di pusat kota, kami berharap bisa dikembangkan menjadi tempat yang memiliki daya tarik wisata,” tandasnya.

Respon masyarakat setempat dan pengunjung luar biasa antusiasmenya. Kerjasama yang baik semua pihak akan menjadikan kawasan ini menjadi satu daya tarik yang lengkap.  Masih banyak yang perlu dibenahi untuk menjadikan daya tarik unggulan. Namun komitmen pemdes yang akan mensupport all out pembangun kawasan ini,  membuat semuanya optimis. (Auki/Gust)