PANCASILA Akulah Pendukungmu

0
Pemuda Pemudi Tegal Sari Melakukan Gerakan Pemasangan Lambang Garuda

Semarang, Harian Jateng –  “Garuda pancasila//Akulah pendukungmu//Patriot proklamasi//Sedia berkorban untukmu//Pancasila dasar negara//Rakyat adil makmur sentosa//Pribadi bangsaku//Ayo maju maju//Ayo maju maju//Ayo maju maju”.

Itulah Lagu Kebangsaan Indonesia yang diciptakan oleh Sudharnoto dengan nama samaran Damayanti dilahirkan di Kendal, Jawa Tengah, 24 Oktober 1925. Garuda Pancasila digubahnya pada tahun 1956. Sekumpulan para pemuda pemudi Tegal Sari RT 05 RW 04 Kelurahan Candi Kecamatan Candi Sari Kota Semarang melakukan pergerakan Pemasangan Lambang Pancasila.

Gerakan Pemasangan Lambang Pancasila yang di koordinastori oleh Joko Prasojo (49) Warga Tegal sari ini di timbulkan rasa Kecintaannya terhadap Pancasila. “Saya mengumpulkan pemuda pemudi di lingkungan saya untuk membuat lambang Pancasila dari papan yang atasnya print Gambar Pancasila”, tutur jojo sapaan akrabnya.

Sejumlah 42 Lambang Pancasila yang rencananya akan ditempelkan pada rumah warga sekitanya ini berdiameter 42 cm, serta 1 Lambang Pansasila yang berukuran besar 120 cm yang nantinya akan di pasang di balai RW 04 Tegal Sari Semarang pada tanggal 30 September 2015 nanti.

Gerakan ini juga akan mengundang tamu kehormatan dari Komandan KODIM 0733 Semarang Letkol Kav Puji Setiono yang akan mengyaksikan pemasangan Lambang Pancasila. 

“Sebanyak 20 pemuda pemudi saya kumpulkan untuk membikin Lambang Pancasila ini, waktu pengerjaannya selama 4 hari dan ini adalah murni swadaya dari warga pemuda pemudi
yang berada di wilayah RW 04 Tegal Sari”,imbuh jojo.

“Sebenarnya pemasangan murni ide saya agar para pemimpin kita selalu ingat dengan Dasar Negara Republik Indonesia, karena Seharunya Pancasila menjadi Pedoman Moral para pemimpin yang diLambangkan oleh Burung Garuda”, katanya.

“Dan dengan gerakan dari masyarakat bawah ini diharapkan bisa meningkatkan Pengamalan Pancasila dengan Sila – Silanya serta ditunjukkan dengan karya nyata untuk bangsa”, tutup jojo. (Red-HJ33/Ari). 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here