Barongan Blora Akan Tampil dalam Pembukaan TMMD 2015

2
Barong Blora saat pentas. Foto: IBK/Harian Jateng.

Blora, Harian Jateng – Seni barongan atau akrab disebut seni barong Blora, Jawa Tengah akan mewarnai pembukaan TMMD Reguler ke 95 Kodim 0721/Blora. Diagendakan, ada suguhan tari barong spektakuler akan mewarnai di sela-sela upacara pembukaan TMMD Reguler ke-95 Kodim 0721/Blora.

Dalam kesempatan tersebut, akan tampil tari barong yang akan dikolabaorasi dengan tari tani dan gerak indah jurus bela diri merpati putih.

Kurang lebih ada 80 orang yang akan memperagakan tari barong kolaborasi itu, untuk pencak silat Merpati Putih akan melibatkan anggota Kopasus.

“Saat ini semuanya sedang dipersiapkan. Jelasnya, tari ini akan disuguhkan sambil menunggu mendaratnya 25 pasukan penerjun payung di tengah-tengah lapangan Kridosono,” papar Dandim 0721/Blora, Letkol Inf. Ariful Mutaqin di Blora.

Sebagaimana diketahui, Blora boleh dibilang identik dengan kota barongan. Tercatat, sudah dua kali Blora telah menyelenggarakan Festival Barong Nusantara.

(Baca juga: Festival Barong Nusantara di Blora Masuk Rekor MURI, Keren).

Pada pelaksanaan festival pertama digelar 1 November dalam rangka memperingati Hari Jadi Blora 2014. Kedua, digelar dalam rangka memperingati HUT ke-70 Proklamasi Kemerdekaan RI.  (Red-HJ55/PendimBlora).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here