Soto Kambing Randudongkal Pemalang Bikin Gembyobyos

10
Soto Kambing khas Randudongkal Pemalang.

Pemalang, Harian Jateng – Soto kambing khas Randudongkal Pemalang, Jawa Tengah memang ngangeni dan membuat ora “gembyobyos”.

Salah satu kuliner pemalang dari daerah punggung gunung slamet randudongkal. Secara umum semua daerah kenal dan ada kuliner soto. Banyak yang terkenal mulai soto Kudus, Boyolali, Pekalongan, Tegal dan sebagainya, itupun yang ada di jawa tengah, belum termasuk yang ada di Nusantara.

Apa ciri khas dan keunggulan soto kambing randudongkal? Sampai sudah masuk dalam menu perhelatan pesta? Dan jadi makanan cukup favorit di Randudongkal Pemalang.

Banyak warung soto kambing di randudongkal, salah satunya warung Rebo Kuna, milik pak gering. Menurut nya dia merupakan generasi ke tiga dari penjual soto kambing di randudongkal.

Ciri khas  soto kambing randudongkal  terletak di kuahnya. Kuah kental  tanpa santan. Kuah dengan bumbu rempah rempah seperti pala, kemiri, mrica dll dan dipadu dengan tauco yang sudah di masak. Sedangkan kambingnya berupa potongan daging, limpa, hati, tulang lunak, babat, usus yang dipotong cukup besar.

Hal yang menarik lainnya adalah lontong nya, Lontong yang biasanya dibungkus daun pisang dan lonjong, lontong disini besar besar mengunakan plastik ukuran relatif besar.
Dalam penyajiannya lontong di guyur dengan kuah yang berisi potongan daging kambing, lalu di beri sambal, daun bawang dan remukan krupuk usek, tidak ketinggalan bawang goreng.

Soto ini relatif murah hanya 12 ribu per porsinya. Bisa buat badan segar dan berkeringat ngembyobyos. Tertarik dengan kuliner ini, silahkan ke randudongkal jangan lupa sempatkan juga main ke hulu sungai comal. (Red-HJ99/Sarwo Edy).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here